Selasa, 17 Mei 2011

Revolusi Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang paling utama dalam suatu Negara…lihatlah Singapura..negara yang luasnya hanya sebesar ibu kota Negara Indonesia tapi sebagian besar penduduknya memiliki pendidikan yang tinggi. Apa sih yang dimiliki oleh bangsa Indonesia???
Pertanyaan mendasar ini yang harus kita jawab bersama-sama. Negara kita yang terkenal dengan kekayaan alamnya, bahkan ada lagu yang sangat terkenal  dengan syairnya yang menggugah dan membuat iri bangsa lain…
Tapi amboy…gembar-gembor negara yang ingin meningkatkan martabat guru dengan harapan ingin meningkatkan kualitas pendidikan berbuntut panjang, alih-alih ada peningkatan pendidikan..justru guru yang tidak paham betapa pentingnya meng-upgrade diri pun merasakan nikmatnya….ngajar sembarangan, ga ngerti metode, rumus logaritma  aja ga ngerti, modalnya lama mengajar…25 tahun…amboy mereka bilang itu pengabdian…tapi justru perusakan terhadap siswa selama 25 tahun!!!!! karena kesalahan metode dan salah menghadapi siswa.

Sebenarnya banyak guru yang memiliki potensi besar, banyak pengalaman dan sangat mengabdikan diri jiwa dan raganya untuk dunia pendidikan. hanya saja guru-guru seperti ini belum mendapat dukungan baik dari berbagai pihak.  revolusi pendidkan yang dimaksud disini adalah perubahan total dari pola pikir dari para pengajar.

Rubahlah paradigma dari pengajaran yang ada sekarang, materi itu penting tapi dedikasi, inovasi, dan semangat terus belajar harus tetap dipelihara dalam diri setiap guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar