Rabu, 18 Mei 2011

DEFINISI-DEFINISI BELAJAR


Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.

Crow & Crow dan (195 “ belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.

Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi” 

Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”. 

Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman” 

Menurut Dunhan Tahun 1971
 Belajar motorik adalah sebagai peningkatan dalam suatu keahlian keterampilan motorik yang disebabkan oleh kondisi-kondisi latihan atau diperoleh dari pengalaman, bukan karena proses kematangan atau motivasi temporer dan fluktuasi fisiologis

Gagne dan Bloom
Belajar motorik adalah suatu perubahan sikap dan keterampilan atau perubahan yang terjadi pada dominan efektif dan psikomotorik

Loretta M. Stalling
Belajar motorik adalah Seseatu yang bertujuan untuk mmembantu menjembatani kekosongan antara teori-teori dan konsep belajar dengan prestasi motorik melalui praktek mengajar dan melatih.

Oxendine
Belajar motorik adalah Suatu proses terjadinya perubahan yang tetap dalam prilaku motorik sebagai hasil dari latihan dan pengalaman


Scmidt
Belajar motorik adalah Seperangkat proses yang berkaitan dengan latihan atau pengalaman yang mengantarkan ke arah perubahan yang permanaen dalam perilaku terampil.

Hilhard Bower dalam buku Theories of Learning (1975).
Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecendrungan respon pembawaan kematangan
.

Morgan 
Belajar adalah Setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. 

Wetherington 
Belajar yaitu suatu perubahan didalam kepribadian yang mengatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian


Drs. M. Ngalim Purwanto, MP memberikan definisi belajar dari beberapa elemen :

a. Belajar adalah merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik tetapi ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang lebih buruk.

b. Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman dalam arti perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau tidak dianggab sebagai hasil belajar seperti perubahan-perubahan yang terjadi pada diri seorang bayi.

c. Belajar adalah perubahan relatif mantap, harus merupakan akhir dari pada suatu priode waktu yang cukup panjang.

d. Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang menyangkut berbagai aspek kepribadian, baik fisik maupun psikis seperti : perubahan dalam pengertian, pemecahan suatu masalah, berpikir, keterampilan, kecakapan, kebiasaan ataupun sikap.



 sumber :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar