Minggu, 22 Mei 2011

Karakteristik Kurikulum IPS di SD


Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)  adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Ø Karakteristik Kurikulum IPS di SD
§  Mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial
§  Pada jenjang SD mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
§  Mata pelajaran IPS mengarahkan peserta didik menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Ø Tujuan pembelajaran IPS di SD
§  Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
§  Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
§  Memiliki komitmen dan kesadaran tentang nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
§  Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global

Ø Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Ø Prinsip Pengembangan KTSP
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Ø Pemilihan bahan
§Perumusan tujuan studi sosial hanya merupakan langkah awal dalam proses pembelajaran.
§Langkah berikutnya ialah memilih dan memilah bahan pembelajaran.
§Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sekarang ini tidak memungkin seseorang untuk mempelajari semua bahan yang tersedia. Karena itu langkah memilih tidak dapat dihindari.
§Hakekat pemilihan bahan Sosial Study haruslah yang paling sesuai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan disesuaikan dengan tingkat kematangan belajar peserta didik.
§Pemilihan tentu saja diambil dari konsep dan generalisasi ilmu-ilmu sosial dan sejarah serta ilmu lain yang mendukung.
§Bahan yang terpilih haruslah mempunyai dasar yang sudah dimiliki oleh peserta didik, dan dekat dengan kehidupannya, terutama untuk pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar.
§Bahan yang berarti bagi peserta didik di pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar adalah dalam bentuk topik-topik yang langsung dapat dihayati oleh peserta didik.
§Bahan yang terpilih haruslah mempunyai dasar yang sudah dimiliki oleh peserta didik, dan dekat dengan kehidupannya, terutama untuk pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar.
§Bahan yang berarti bagi peserta didik di pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar adalah dalam bentuk topik-topik yang langsung dapat dihayati oleh peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar