Sabtu, 28 Mei 2011

Perbandingan antara "THE JUNGLE" , "WATER BOOM Lippo Cikarang" dan "Amazing Waterworld Mekar Sari"

                                                            Antrian menuju Amazing Waterworld

Kesibukan yang dialami oleh hampir semua orang setiap harinya tentu saja manjadikan beban stress yang dihadapi semakin berat. sarana rekreasi menjadi suatu alat untuk melepaskan diri dari rutinitas. bagi kita yang hidup di daerah Bekasi ada banyak tempat yang bisa kita datangi , namun kali ini saya hendak mambahas 3 waterpark yang ada di kawasan sekitar Bekasi. semoga saja dapat menjadi resume bagi kawan-kawan yang hendak mengunjungi salah satu water park tersebut

ehem saya tidak dibayar oleh siapa pun disini, hanya mau sharing saja pengalaman saya mengunjungi ke tiga wahana tersebut. Jadi ini adalah pengalaman pribadi sebagai customer  :)

Kesan awal  : Saat memasuki kawasan The Jungle kita langsung menghadapi suatu Mall, namun Mall ini masih kosong hanya beberapa toko saja yang sudah terisi dan beberapa lapak di tengah Mall, kebanyakan menjual cinderamata dan perlengkapan berenang, kawasan ini bila di kembangkan lebih lanjut akan menjadi nilai plus bagi The Jungle sehingga menjadi One Stop In. Kebanyakan orang yang datang ke Amazing Water World melalui jalur Taman Wisata Mekarsari harus naik kereta mini terlebih dahulu, setelah itu berjalan melalui 2 jembatan goyang yang indah. hanya saja melalui jembatan in ada kapasitas maksimalnya , jembatan pertama maximal 50 orang, sedangkan jembatan kedua maximal 20 orang. karena kapasitas jembatan yang terbatas dibandingkan dengan jumlah pengunjung, maka antrian pertama di mulai di jembatan ini. Kesan awal yang didapat saat masuk kawasan Water Boom adalah asri! ya sangat asri seakan kita meninggalkan hiruk pikuk kawasan Jabodetabek dan pergi ke Bali, pepohonan yang rindang, alunan musik tradisional, suara gemercik air, aqua spa, dan kawasan yang sangat bersih.

1. Lokasi

 - The Jungle : Kompleks perumahan Bogor Nirwana Residence yang lokasinya di jl. Pahlawan/jl. Dreded (setelah makam pahlawan dreded)

- Water Boom Cikarang :   Jln.Madiun Kav.115 Lippo Cikarang, Cikarang, Jawa Barat 17550, Indonesia

- Amazing Waterworld Mekar Sari :  Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km.03. Kab. Bogor 16820. (tepatnya 500 meter setelah gerbang tiket Taman Wisata Mekarsari)

 2. Harga Tiket Masuk


- The Jungle : weeksday = Rp.40.000  , weekend and holidays = Rp.60.000

- Water Boom Cikarang :   weeksday = Rp.45.000  , weekend and holidays = Rp.60.000


- Amazing Waterworld Mekar Sari :   weeksday = Rp.50.000  , weekend  and holidays = Rp.60.000


jadi dari ketiga tempat pemenang untuk ticket masuk adalah the Jungle yaitu Rp. 40.000

3. Fasilitas

- Tempat parkir : ketiga tempat di atas memiliki lapangan parkir yang sama-sama luas, jadi tidak perlu khawatir kehabisan tempat, hanya saja The jungle memiliki contur yang berbukit, sehingga agak jauh harus berjalan menuju tempat parkir. sedangkan Amazing Water World juga memiliki lapangan parkir yang cenderung jauh, apabila kita datang melalui Taman Wisata Mekarsari maka harus menaiki kereta mini terlebih dahulu, yang mana harus mengantri dan berebutan. Sedangkan Water Boom cikarang memiliki kelebihan yaitu lapangan parkir lebih dekat dan mudah di jangkau. hal ini menjadikan score 1 bagi Water Boom Lippo Cikarang

- Permainan Yang ada : ketiga tempat ini memiliki perosotan yang sama-sama cukup tinggi. The Jungle memiliki spiral slide yang memiliki ketinggian 14 m dan panjang sekitar 150 m. Namun  butuh perjuangan untuk menaiki wahana ini  karena antrian yang gilaaa, pada weekend antrian seperti ular sampai ke bawah, bayangkan anda membawa ban besar dan berat lalu mengantri berjam-jam. Sedangkan di Water Boom terdapat pita debar-debar yang memmiliki berbagai pilihan seperti meluncur dengan ban atau tidak menggunakan ban. Sedangkan di Amazing Water World ada satu perosotan yang lumayan tinggi hanya saja sebagian anak tangga sudah berkarat sehingga membahayakan pengunjung yang tidak memakai alas kaki, selain itu sambungan antar jalur di seluncuran ini tidak rata sehingga terasa sakit ketika kita menaiki wahana ini, selain itu di wahana ini tidak bisa menggunakan ban karena hanya cukup untuk badan saja. untuk wahana saya memilih Water Boom Lippo Cikarang sehingga score bertambah satu lagi.


- Kolam arus : ketiga tempat ini memiliki kolam yang panjang sebabi wahana adventure saat berenang, yang menjadi permasalahan di The Jungle dan Amazing Water world adalah kurangnya vegetasi sehingga dapat anda bayangkan saat kita menaiki ban renang dan membiarkan diri terbawa arus maka kita juga akan menerima banyaknya paparan matahari, sehingga acara berenang kita kurang menyenangkan. sedangkan di Water Boom Lippo cikarang selainnya airnya lebih bersih, banyaknya vegetasi menjadikan wahana lebih sejuk dan terlindungi dari sinar matahari. score satu lagi buat Water Boom.

- Out Bound : The jungle memiliki kawasan Out Bound yang cukup lengkap hanya saja pengunjung masih harus membayar untuk mencoba masing-masing permainan itu...harga nya bervariasi antara 20.000 sampai 30.000, jadi masih terlalu mahal terutama apabila keluarga yang memiliki lebih dari satu anak. Begitupula dengan Amazing water World untuk menaiki wahana flying fox kita masih harus membayar Rp. 20.000. Angin segar datang dari Water Boom Cikarang, di sana terdapat wahana Out Bound yang gratis. Hal ini menjadi nilai tambah bagi Water Boom.

kesimpulan yang saya dapat setelah mengunjungi ke tiga tempat di atas adalah bahwa Water Boom masih lebih unggul dibandingkan dua kompetitornya, disusul oleh The Jungle dan akhirnya Amazing water World. namun tidak ada salahnya jika kita mengunjungi ke tiganya karena sensasi yang dirasakan juga tentu saja sangat berbeda.

SELAMAT BERLIBUR!!!!

alamat websites :
http://www.waterboomlippocikarang.com/
http://www.wisatawaterpark.com/
http://www.thejungleadventure.com/#/home
Selengkapnya...

Minggu, 22 Mei 2011

TIPS MENGHADAPI SIDANG SKRIPSI

Buat para mahasiswa yang sedang panas dingin dalam menghadapi sidang skripsi, ini ada beberapa tips yang bisa membuat sidang skripsi lebih cespleng....

1. Baca skripsi mu 3 kali sehari....bagian yang sulit tempel di mana kamu biasa berada, di ruang tv, kamar bahkan kamar mandi

2. Cari tahu karakteristik dosen penguji, kalau agak-agak killer kuatkan hati :)) ( sering-sering nonton film thriller deh biar jantungnya kuat)

3. Tarik napas 3 kali....buang...tarik napas...buang....hehehhehe

4. Banyak doa malem dan shalat malem biar hati lebih plong dan tidak terlalu stress

5. Saat ujian cari tahu apa saja yang biasa ditanyakan oleh dosen, paling banyak biasanya seputar judul, mengapa kita mengambil  masalah itu, Instrumen, rumus-rumus dan kesimpulan.

6. Berani mengakui kesalahan saat ujian. Adakalanya mahasiswa merasa harus bisa menjawab semua pertanyaan dari dosen penguji, tapi saat mereka memberikan arahan atau masukan yang benar kita harus mengakuinya.

7. Banyak senyum......bukan cengengesan, tapi senyum berwibawa dan senyum hormat

SELAMAT SIDANG YAAAAAA Selengkapnya...

Karakteristik Kurikulum IPS di SD


Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)  adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Ø Karakteristik Kurikulum IPS di SD
§  Mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial
§  Pada jenjang SD mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
§  Mata pelajaran IPS mengarahkan peserta didik menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Ø Tujuan pembelajaran IPS di SD
§  Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
§  Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
§  Memiliki komitmen dan kesadaran tentang nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
§  Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global

Ø Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Ø Prinsip Pengembangan KTSP
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Ø Pemilihan bahan
§Perumusan tujuan studi sosial hanya merupakan langkah awal dalam proses pembelajaran.
§Langkah berikutnya ialah memilih dan memilah bahan pembelajaran.
§Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sekarang ini tidak memungkin seseorang untuk mempelajari semua bahan yang tersedia. Karena itu langkah memilih tidak dapat dihindari.
§Hakekat pemilihan bahan Sosial Study haruslah yang paling sesuai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan disesuaikan dengan tingkat kematangan belajar peserta didik.
§Pemilihan tentu saja diambil dari konsep dan generalisasi ilmu-ilmu sosial dan sejarah serta ilmu lain yang mendukung.
§Bahan yang terpilih haruslah mempunyai dasar yang sudah dimiliki oleh peserta didik, dan dekat dengan kehidupannya, terutama untuk pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar.
§Bahan yang berarti bagi peserta didik di pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar adalah dalam bentuk topik-topik yang langsung dapat dihayati oleh peserta didik.
§Bahan yang terpilih haruslah mempunyai dasar yang sudah dimiliki oleh peserta didik, dan dekat dengan kehidupannya, terutama untuk pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar.
§Bahan yang berarti bagi peserta didik di pendidikan pra sekolah dan pendidikan dasar adalah dalam bentuk topik-topik yang langsung dapat dihayati oleh peserta didik.
Selengkapnya...

SEJARAH TANGKUBAN PERAHU


A.   Sejarah terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu
Adanya legenda Sangkuriang di kalangan masyarakat mungkin dipercaya sebagian masyarakat awam menjadi sebab terjadinya Gunung Tangkuban Parahu, namun penelitian yang dilakukan oleh Van Bemmelen (1934) mendukung keberadaan Gunung Purba, Gunung Sunda Purba itu kemudian runtuh, dan membentuk suatu kaldera (kawah besar yang berukuran 5-10 km) yang mana ditengahnya lahir Gunung Tangkuban Parahu. Kejadian ini diperkirakan Van Bemmelen terjadi sekitar 11000 tahun yang lalu. Namun berdasarkan pentharikan batuan beku aliran lava di Batunyusun timur laut Dago Pakar di Pulosari Schol (1,2 juta tahun), keberadaan Gunung Sunda Purba dipastikan antara 2 juta sampai 100.000 tahun yang lalu. Kemungkinan lain adalah bahwa memang tidak ada hubungan antara gejala geologi, bukti pra sejarah dengan legenda Sangkuriang. Bandung adalah kota terbesar dan terdekat (±30 km) kearah selatan, yang merupakan ibu kota propinsi Jawa Barat, dengan jumlah penduduk (±3 juta jiwa).

Kawah-Kawah yang Ada di Tangkuban Parahu

1)    Kawah Ratu
2)    Kawah Upas
3)    Kawah Baru
4)    Kawah Lanang
5)    Kawah Ecoma
6)    Kawah Jurig
7)    Kawah Siluman
8)    Kawah domas
9)    Kawah Jarian
10) Kawah Pangguyangan Badak


 Lokasi
§  Administrasi              : sebagian termasuk wilayah Kab. Subang dan sebagian lagi termasuk wilayah kab. Bandung, propinsi Jawa Barat.
§  Posisi Geografi           : 6,46º LS dan 107º BT Atlas Trop. Nederl. 1938, Lemb, 20.
§  Ketinggian                 : 2084 m dpl. (Stehn, 1929). 1300 m di atas dataran tinggi Bandung.
§  Tipe Gunung api       : Strato dengan kawah ganda.
Selengkapnya...

HIPOTESA TERBENTUKNYA BUMI


Terbentuknya Bumi
Sejarah kehidupan di muka bumi memiliki banyak hipotesa, salah satunya yaitu hipotesa Nebula ( Nebular Hypothesis) atau ‘Teori Kabut Pilin’. Dalam hipotesa ini bumi terbentuk berdasarkan tiga tahap yaitu :
Tahap 1 : gumpalan kabut dan gas pekat yang berbentuk cakram.
Tahap 2 : gumpalan kabut dan gas  berpilin dan berputar dengan kuat, makin lama makin cepat, dan terjadi pemadatan di pusat lingkaran yang kemudian membentuk matahari. Pada saat bersamaan materi lainpun terbentuk menjadi massa yang lebih kecil dari matahari, yang disebut planet, bergerak mengelilingi matahari.
Tahap 3 : materi-materi tersebut tumbuh semakin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari dalam suatu orbit yang tetap dan membentuk tatanan tata surya yang dinamakan solar system.

Kondisi Cair Pijar

Saat pertama kali terbentuk 4,6 milyar tahun yang lalu, bumi masih dalam keadaan cair pijar bagaikan lautan api. Tak ada satupun kehidupan di permukaan bumi
Indikasi Kehidupan

Keberadaan kehidupan di bumi dapat diketahui lewat keberadaan sisa organisme yang pernah hidup saat itu yang terawetkan pada lapisan batuan dalam kurun waktu yang sangat lama yang dinamakan fosil.

Awal Kehidupan

Bukti adanya kehidupan baru ditemukan sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu yaitu ganggang dan bakteri yang terawetkan dalam struktur  lapisan yang disebut stromalito.

Umur Kehidupan

Perhitungan umur bumi menggunakan skala waktu  geologi (Geological Time scale), yaitu :
a)     Prakambium
b)    Paleozoikum
c)     Mesozoikum
d)    Kenozoikum

a)    Prakambrium

Ø Arkeozoikum (masa Kehidupan purba)
4,6 milyar – 2,5 milyar tahun yang lalu, masa ini terbagi lagi menjadi dua yaitu masa Priscoan dan masa Arkean.
Ø Proterozoikum / Algonkian (masa Kehidupan Awal)
2,5 milyar – 540 juta tahun yang lalu, masa ini peralihan dari makhluk bersel satu manjadi makhluk bersel banyak. Fosil-fosil yang terkenal yaitu stromalito alga jacutophyton, cacing beruas spriggina, dan lainnya.

b)    Paleozoikum

Paleo berarti tua, masa ini berlangsung dari 540-245 juta tahun yang lalu. Masa Paleozoikum terbagi menjadi 6 zaman :

v Zaman Kambrium (540-510 juta tahun yang lalu)
Contoh fosil :
§  Elrathia, kambrium tengah, ditemukan di Utah A.S
§  Redlichia, Kambrium awal, ditemukan di Australia
§  Plectronoceras, kambrium akhir, ditemukan di Shantung China.
v Zaman Ordovisum (510-439 juta tahun yang lalu)
Contoh fosil :
§  Anthoceras Decorum,  Ordovisium awal, ditemukan di A.S, Australia, dan Rusia.
§  Pseudoconularia Grandissima, Ordovisium Tengah, ditemukan di Vraz, Cekoslowakia.
§  Sphaeragnostus, Ordovisium akhir, ditemukan Quebec.
v Zaman Silur ( 439-408 juta tahun yang lalu )
Contoh fosil :
§  Sphaeroxochus mirus, silur awal, ditemukan di Listice
§  Euophiceras Miller, Silur tengah, ditemukan di Illinois
§  Conchidium, silur akhir, ditemukan di Inggris.
v Zaman Devon (408-362 juta tahun yang lalu )
Contoh fosil :
§  Agoniatites MEEK, Devon, ditemukan di New York
v Zaman Karbon (362-290 juta tahun yang lalu)
Contoh fosil :
§  Angyomphalus COSSMANN, Karbon awal, ditemukan di Belgia
v Zaman Perem (290-245 juta tahun yang lalu)
Contoh fosil :
§  Capulus abundans  WANNER, ditemukan di Timor Indonesia

c)     Mesozoikum

Meso berarti tengah, masa ini berlangsung dari 245-65 juta tahun yang lalu. Masa Mesozoikum terbagi menjadi 3 zaman :

v Zaman Trias (245-208 juta tahun yang lalu)
v Zaman Jura (208-145 juta tahun yang lalu)
v Zaman Kapur (145-65 juta tahun yang lalu)

d)    Kenozoikum

Keno berarti neo = baru, masa ini berlangsung dari 65 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Masa kenozoikum terbagi menjadi 2 zaman :

v Zaman Tersier (65-1,7 juta tahun yang lalu)
v Zaman Kuarter (1,7 juta tahun yang lalu-sekarang)
Selengkapnya...